Catatan dari Sebuah Tempat yang Terkenang, Sangatta Utara, Kutai Timur



Sangatta Utara adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan TimurIndonesia. Sangatta Utara merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di Kutai Timur, hal ini disebabkan karena kecamatan Sangatta Utara adalah pusat pemerintahan dan perdagangan di Kutai Timur.
Berdasarkan hasil sensus penduduk 2010, penduduk Sangatta Utara berjumlah 72.864 jiwa dengan rincian 40.176 jiwa laki-laki dan 32.688 jiwa perempuan dan rasio jenis kelamin sebesar 123.

Sarana sosial/kemasyarakatan


  • Untuk menuju ke Sangata, dapat ditempuh melalui jalan darat dengan menggunakan mobil, atau melalui udara dengan menggunakan pesawat terbang. Apabila menggunakan mobil, diperlukan waktu selama dua jam perjalanan darat dari kota Bontang ke Sangata, empat jam dari Samarinda atau enam jam dari Balikpapan. Sedangkan kalau ditempuh melalui perjalanan udara dari Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, ke bandara Tanjung Bara, Sangata, memerlukan waktu satu jam.
  • Bandara Tanjung Bara adalah bandara kecil milik perusahaan penambangan batubara PT KPC. Hanya ada satu pesawat yang melayani route Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman – Tanjung Bara, pesawat kecil milik perusahaan tambang batubara PT KPC.




KULINER KHAS KALIMANTAN


Bubur Pedas adalah makanan khas suku melayu sambas kalimantan timur. Menengok dalam sejarahnya konon bubur pedas ini menjadi makanan yang sering disajikan dalam kerajaan. Dinamakan bubur pedas bukan sebab penggunaan cabai yang sangat banyak melainkan aroma rempah – rempah dalam bubur. Cara memasak bubur ini yaitu dengan mencampurkan kelapa sangrai dan beras sangrai yang sebelumnya telah dihaluskan dengan cara ditumbuk. Rempah – rempah lainnya juga ditambahkan saat proses penumbukan seperti bawang merah putih, daun salam, adas, kunyit, ketumbar, jinten, sereh, lada hitam, cabai, lengkuas dan aneka sayur yang sesuai dengan selera.





BUDAYA KALIMANTAN TIMUR


Kalimantan Timur memiliki beberapa macam suku bangsa. selama ini yang dikenal oleh masyarakat luas, padahal selain dayak atau suku beradat dayak ada 1 suku yang juga memegang peranan penting di Kaltim yaitu suku Kutai. Suku Kutai merupakan suku dayak beradat melayu asli Kalimantan Timur, yang termelayukan akibat sistem politik masa lampau ( Budaya Melayu yang masuk dari arah selatan ( Pasca takluknya sriwijaya dari Kerajaan Cola ) , Kekuasaan Jawa Kartanegara dan UU Braja Niti ) awalnya mendiami wilayah pesisir Kalimantan Timur. Lalu dalam perkembangannya berdiri dua kerajaan Kutai, kerajaan Kutai Martadipura yang berdiri lebih dulu dengan rajanya Mulawarman, lalu berdiri pula belakangan kerajaan Kutai Kartanegara yang kemudian menaklukan Kerajaan Kutai Martadipura, dan lalu berubah nama menjadi kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura





Sumber :

http://wahidpanjul.blogspot.com/2015/11/sangata.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sangatta_Utara,_Kutai_Timur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agribisnis The Best Departement

UMM Punya Apa Aja Sih ?

Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa